Wednesday, July 23, 2008

kadokan senyuman untuku....

"asslmkm,nuju naon"kudengar suara mama d telpon,kontan kujawab wa'alaikum salam,nuju bc buku. "tong hilap emam" iya iya ku merajuk manja.^^

huuh....kasih mama spanjang masa! Padahal aku hampir 28 tahun.

Hari ini sabtu,aku kerja stengah hari dan kurencanakan takkan pulang. Hmm..,

hari yg hening,aku sendiri d mess yg sebesar ini. Semua benda hanya diam membisu,menatapku, tak berani berkomentar, malah bs d bilang sangat cuek dan dingin terhadapku. Sungguh sikap yg tdk ramah!

Øo...Kutahu,karena mereka tak pernah punya hati u/ merasakan apa itu sepi dan hening.

Arti semua ini?? Kau boleh menyebutnya kesepian, ketenangan,kegetira n,kebahagian atau apalah terserah maumu,dr bagian mana kau mengamatinya.

Sudut hatiku ingin menamainya ini sebagai "kesempatan" . Betapa tak semua org bs menempati sudut ruangan ini,bagian d jagat ini yg ramai.Kurasakan ramainya dunia dalam hati. Aku begitu dekat dengan makhluk2 cuek ini,tampak sangat unik,gadis d sarang benda mati^^.

Aku disini sendiri. Akhrnya aku sadar kalau hadirnya diriku adalah u/oranglain. Aku hadir u/mama,sahabat2ku, adiku dan u/alam ini dan jg sebaliknya.
Ya...berguna! !,harusnya begitu.

Walaupun benda2 itu tetap cuek dan angkuh terhadapku,aku tak merasa terganggu. Lihatlah lemari,meja, kursi2 itu, mereka hanya mematung! Lemari butuh pakaian u/mengisinya, meja butuh buku2 u/menemaninya, kursi butuh aku u/mendudukinya. Seandainya mereka bisa berkata,mereka tak ingin tak bermakna apa2.Mereka ingin bermanfaat dan bermakna!Mungkin itulah isi hati mereka. Hmm... Seandainya aku bs mendengarnya: (

sungguh,semuanya hadir u/orang lain. Lalu aku??Pasti begitu. Yg hadir dan berhati pula,hanya terpaku mengomentari mereka yg selalu menerima komentarku yg begini dan begitu,hanya begini saja??

Benda2 itu tak berhati,tak berlogika sudah mampu membuktikan kalau mereka berguna. Ahh... Kusut jadinya hatiku memikirkannya.

Kucoba melangkah dalam kesendirian, dan siap melangkah kalau aku hadir u/org lain dan menjadi berguna. Aku akan pulang!!,mama menantiku,kubisa mendengarkan crita mama,adik2 dan saudaraku.

Siap melangkah dgn caraku,akan ku ikuti irama hati,"menjadi ada dan berguna!",bismillah ,Go!!

Mandi,shalat ashar,dandan, kuambil tas ranselku dan ku siapkan recehan u/ongkos.
Dihari nanti harus lebih ku mengerti,ttg arti langkahku.

Ojeg,angkot dan bis sudah kulalui,tibalah d hadapan istana kedua orang tuaku. Salam dan senyumku menyemarakan senja itu.

Tibalah waktunya,kami saling bicara.Tentang langkah selanjutnya. "Teh,td Ais kerumah",waah kataku.

"Dia ingin melamar Kasih" ungkap mama. Kasih adalah adik perempuanku.
"Alhamdulillah, ya udh d segerakan saja" ujarku.

Suara ceriaku melemah,karena kulihat mama+bapak+kasih tertunduk muram. Kenapa ini,tanyaku? ?
"maafin Kasih teh,kelrg Ais ingin Kami menikah dulu sebelum Ais tugas" kata Kasih.
Aku terdiam,dan mama nyambung ucapan Kasih " Teh,maunya mama bapa,pernikahan berurutan",ucapan terhenti dan kulihat kasih dan mama berkaca2.

Aku hrs kuat!! U/tdk menangis. Aku tak mau mereka berprasangka atas arti airmataku. Begitu dialog hatiku sebelum aku menjawab apa yg d sampaikan mama,bapak dan Kasih.

Kasih, walau kau adalah adikku,aku tak berhak mengatur jodohmu. Mama mungkin mengerti itu. Pernikahan adalah sesuatu yg d datangkan Allah pada saat d perlukan.

Begitu hening mendengar kata2ku. menikahlah,Teteh ikhlas.

Kulihat semua mata tertuju padaku,dan semuanya mengisaratkan cinta,sayang, hormat buatku. Kurasakan juga perasaan bersalah Kasih padaku. Ahh... Mengharu biru rasaku,entah lah dgn mereka,mungkin perasaan mama mengharu kelabu,harus senang dgn rencana Ais dan Kasih. Tp jg hrs simpati,dan lebih mengarah kasihan thdku.
Aku mengerti,apa yg kau rasakan maaahh...

Ingatkah ini bulan apa?:) Celetukku dalam keheningan. Mama tiba2 memelukku"selamat ulangtahun sayang" . Aku tolak pelukan mama,"kenapa? ,kau inginkan hadiah?Apa?Katakan? "tanya mama sambil menatapku lekat.

Hmmm...:)Aku tak ingin ada airmata,peluklah aku tanpa Air mata.
Aku inginkan hadiah sebuah senyuman dan doa u/ku.Rencana pernikahan Kasih dan senyuman kalian adalah hadiah serta kado terindah buatku d usiaku yg ke28.

Aku jd sosok yg lain hari itu,tak kuijinkan airmata keluar dr sudut mata siapapun.

Semua terdiam,tiba2 mama "happy bday Lian" sambil tertawa dan memeluk d susul adik2u dan juga bpk. Sungguh begitu ceria tanpa air mata!!

Lalu tiba2 bpk meluncurkan doa2 u/ku d susul Amiin dr semuanya. Sungguh,airmataku hampir bobol,akhrny berhasil ku tahan juga.

Itulah hadiah ultahku yg k 28 dr keluarga tercinta dan aku ingin menghadiahi diri sendiri dgn Airmata syukur tak terhingga padaNYA.
Skenario hidup yg begitu indah. Kumengerti sekarang,menjdi ada adalah menjadi berguna, mengerti sesuatu adalah membuat jalan kebaikan,dan hadirku adalah u/menjdi berguna!!

Hidup adalah perjalanan keberadaanku, mengantarkanku menjadi berguna,oleh karena itu aku harus mencintai perjalanan yg d skenariokan Nya untukku.

Tentu saja,dia yg membutuhkan senyumku,doa2ku, kehadiranku, celotehku akan aku temui dlm perjalanan itu,mimpi dan harapan bertemu dgnnya masih tersimpan rapi dlm sanubari. Tentu saja doa2 mereka yg tak kenal lelah berdoa u/ku adalah kekuatanku. Dimanakah kau??^^,ku harus terus melangkah.

Hmm... Thank you Allah.
Kasih, semoga Allah memudahkan pernikahmu, mama+bp,moga Allah rahmati kalian,
sahabat,moga Allah kuatkan tali ukhuwah ini Amiin.

Milad yg tak terlupakan!! .
@Ly@

No comments: